Asset 3 (3)

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM

UMMUL AYMAN

SAMALANGA-BIREUN-ACEH

Berita Terpopuler

_YUA0360

Wisuda di Dayah Ummul Ayman Samalanga: 273 Santri Berbahagia Menyelesaikan Perjalanan Pendidikan

DSC09409

Pengumuman Kelulusan Santri Baru Tahun Ajaran 2024-2025

IMG-20240201-WA0073

10 Tahun Jadi Sarjana : STIS Ummul Ayman Wisudakan 130 Mahasiswa/i

IMG-20240125-WA0044

Berkilau di Bawah Cahaya Ilmu: Yudisium angkatan ke-3 STIS Ummul Ayman Mengabadikan Prestasi 130 Lulusan.

_YUA6753

Kapolres Bireuen Sosialisasikan Bahaya Kenakalan Remaja dan Narkoba di Dayah Ummul Ayman Samalanga

DSC00579

Seminar Nasional di YPI Ummul Ayman, Angkat Tema ‘Runtuhnya Khilafah Usmani dan Munculnya Negara Bangsa,’

Bintang Muda Bercahaya ; Seorang Teungku Raih Beasiswa BIB 2023

Tgk Akram, begitulah sapaannya. Bernama lengkap Akram Alfarasyi, merupakan salah satu guru di dayah Ummul Ayman Samalanga. Beberapa waktu lalu, beliau mengikuti Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang merupakan skema beasiswa kolaborasi antara Kemenag RI dan LPDP untuk masyarakat Indonesia yang ingin mengembangakan karier, pengalaman, dan jaringan kampus di dalam dan luar negeri. Melalui program gelar (degree program) maupun program non-gelar (non-degree program).

Progam BIB ini sudah berdiri sejak dua tahun lalu, BIB berkomitmen untuk menyiapkan pemimpin, pendidik, dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang rukun dan harmonis.

Tanggal 5 September 2023, pengumuman kelulusan diumumkan di dashboard akun peserta. Tgk Akram Alfarasyi menjadi salah satu yang lolos dari seleksi wawancara yang di diikuti oleh 3241 mahasiswa. total semua peserta yang mengikuti program biaya siswa ini ada 13.372 mahasiswa. Namun, hanya 3241 mahasiswa yang berhasil lolos hingga tahap wawancara, setengah dari padanya berhasil mendapatkan program BIB pada tahun ini. Mahasiswa yang mengikuti program ini harus melalui tiga tahap, yaitu administrasi, tes bakat solaktif, dan tahap terakhir adalah wawancara.

Pria asal Karang Baru, Aceh Tamiang, ini Lulus pada Program Beasiswa Gelar S2 (Magister) Dalam Negeri dengan pilihan Perguruan Tinggi:

UIN Syarif Hidayatullah (Prodi Aqidah dan Filsafat Islam)

UIN Maulana Malik Ibrahim (Prodi Hukum Keluarga Islam)

UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Prodi Ilmu Agama Islam)

Adapun Beasiswa yang dipilih oleh Tgk Akram Alfarasyi adalah Beasiswa Gelar, Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh (full scholarship) bagi pendaftar yang telah dinyatakan lulus seleksi dan memenuhi persyaratan keberangkatan untuk menempuh pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3 di dalam atau luar negeri pada perguruan tinggi tujuan yang ditetapkan oleh Kementerian
Agama.

“Pada akhirnya, saya percaya bahwa seorang Teungku juga memiliki kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin. Latar belakang saya sebagai santri, sama sekali bukan sekat menggapai kesuksesan, melainkan anugerah yang luar biasa. Bersama Beasiswa Indonesia Bangkit 2023, saya akan terus berusaha untuk berkontribusi bagi perkembangan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pemberdayaan pendidikan agama. Saat gilirannya tiba, segenap pengalaman akademik dan nonakademik yang saya tempuh nantinya akan mewujudkan peran nyata dalam menyongsong Indonesia emas 2045.” —kutipan Tgk Akram Alfarasyi di postingan instagramnya.

Kisah Inspiratif

Berita Terkini

.