Asset 3 (3)

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM

UMMUL AYMAN

SAMALANGA-BIREUN-ACEH

Berita Terpopuler

_YUA0360

Wisuda di Dayah Ummul Ayman Samalanga: 273 Santri Berbahagia Menyelesaikan Perjalanan Pendidikan

DSC09409

Pengumuman Kelulusan Santri Baru Tahun Ajaran 2024-2025

IMG-20240201-WA0073

10 Tahun Jadi Sarjana : STIS Ummul Ayman Wisudakan 130 Mahasiswa/i

IMG-20240125-WA0044

Berkilau di Bawah Cahaya Ilmu: Yudisium angkatan ke-3 STIS Ummul Ayman Mengabadikan Prestasi 130 Lulusan.

_YUA6753

Kapolres Bireuen Sosialisasikan Bahaya Kenakalan Remaja dan Narkoba di Dayah Ummul Ayman Samalanga

DSC00579

Seminar Nasional di YPI Ummul Ayman, Angkat Tema ‘Runtuhnya Khilafah Usmani dan Munculnya Negara Bangsa,’

Amrul Yunan Usman, Santri Berprestasi, Terpilih Sebagai Finalis Duta Santri Nasional 2023

Amrul Yunan Usman, merupakan salah seorang santri Dayah Ummul Ayman Samalanga. Pemuda yang berasal dari Muara Dua, Lhokseumawe ini berhasil menjadi salah satu dari 48 finalis Duta Santri Nasional 2023 setelah melewati berbagai proses seleksi yang sangat ketat.

Ada 6341 santri yang mendaftarkan diri sebagai calon Duta santri Nasional pada tahun ini, namun hanya 48 santri yang lolos menjadi finalis, 24 diantaranya santri laki-laki, dan 24 lainnya santri perempuan. Para santri yang menjadi finalis nantinya akan mengikuti karantina atau seleksi tahap akhir di Jatim International Expo (JIE) selama beberapa hari, yaitu mulai dari tanggal 13-23 Oktober 2023.

Sebagai seorang santri, Amrul telah menunjukkan keunggulan dalam memadukan pendidikan agama dan pendidikan formal. Santri yang lahir pada tanggal 22 Oktober 2003 ini telah berhasil meraih prestasi akademik yang cemerlang di Pondok Pesantren Ummul Ayman, sementara tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dan moral yang diajarkan di pesantren. Semangatnya yang tinggi dalam mencapai kesuksesan akademik dan spiritual telah membuatnya menjadi teladan bagi rekan-rekannya.

Selain menjadi santri, Amrul juga aktif dalam aktivitas akademik. Saat ini Amrul sedang menempuh jenjang pendidikan semester tiga prodi Hukum Ekonomi Syariah di STIS Ummul Ayman. Putra kebanggaan Maryanti ini juga kerap menjadi imam shalat Jum’at atau shalat hari raya di masjid-masjid kota.

Sebagai finalis Duta Santri Nasional 2023, tentunya Amrul memiliki program untuk diperjuangkan, salah satu program yang ingin dijalankan oleh Amrul adalah program pembelajaran kitab turats pada pesantren modern. Melihat banyaknya pesantren modern yang pembelajaran agamanya bukan lagi berasal dari kitab-kitab kuning karangan ulama terdahulu, Amrul ingin mengembalikan suatu ciri khas pesantren yang telah di ajarkan turun-temurun, yaitu belajar agama lansung pada kitabnya.

Selain itu, Amrul telah mempersiapkan dirinya dengan baik untuk menghadapi tanggapan atau kritik negatif terkait peran dan tindakan nantinya sebagai finalis Duta Santri Nasional. Ia siap untuk memberikan penjelasan yang jelas dan memberikan contoh nyata tentang bagaimana peran santri dapat memberikan kontribusi positif dalam membangun masyarakat yang harmonis dan maju.

Kisah Inspiratif

Berita Terkini

.